Panduan Billing Explorer

Posted by Franliano Blog Minggu, Februari 27, 2011, under |




Billing Explorer

  • Tidak Menyebabkan System Menjadi Crash - Hang atau Macet.
  • Tidak Menyebabkan System Error General Failure (Layar Biru).
  • Autobackup : Data tersimpan secara otomatis saat User Login dan Logout.
  • Tidak Masalah Server & Client Hang-Macet, Data Tetap Tersimpan.
  • Kerja Billing Yang Stabil Antara Server & Client.
  • Automatic Reconnection Server & Client, Setelah Jaringan Up lagi.
  • Reconnect Database Yang Cepat Setelah Connection Server & Client Putus.
  • Report Database Per Hari/Bulan/Tahun.
  • Report Database Per Operator, Per Tiap-Tiap Login Member dsb
  • Support TCP/IP, NetBEUI, IPX/SPX : Protocol Standart Network (Jaringan).
  • Support DHCP dan Fix-IP Address.
  • Tidak Perlu Khawatir, Jika IP Network Adalah IP Dinamic.
  • Proteksi PC Client, Control Panel, Disable Registry Dsb..
  • Instalasi Yang Paling Mudah, Tidak Perlu Harus Instal File Server Database.
  • Automatic Setting From Server : Setting Biaya Dsb. Cukup dari Server Saja.
  • Remote Monitoring : Operator Bisa Memantau Aplikasi Yang Dijalankan User.
  • Remote Tools : Proses Shutdown, Disconnect, Messages Dilakukan Dari Server..
  • Chat Messages : Mengirim Pesan Antara Server & Client atau Client & Client.
  • Kerja Billing Yang Sangat Mudah, Tidak Rumit & User Friendly.
  • Reconnect Client To Server Yang Cepat dan Tidak Perlu Lama.
  • Jika PC Server / Client terjadi hang, Perhitungan Langsung Dilanjutkan Setelah Active
  • Dan Sebagainya . . .



10 Alasan Menggunakan BillingExplorer


DATABASE PROGRAM BUILT IN
Program BillingExplorer Mempunyai Database Program Yang Menjadi Satu dan Terintegrasi Dengan Program BillingExplorer. Hal inilah yang menyebabkan Program BillingExplorer pada PC Kasir menjadi lebih Stabil. Program BillingExplorer tidak menggunakan Database Server atau Server Database tersendiri (seperti pada Billing lain), Karena Hal itu akan menyebabkan PC Server atau PC Kasir mengalami Delay Time yang Mengakibatkan Koneksi Yang dapat tersendat-sendat antara PC Client dan Server.

Kondisi Ini sangat penting, Untuk Itulah Faktor Utama, sebelum membeli Program Billing, Bapak/Ibu bisa mengecek dahulu apakah Database Program menjadi satu ataukah terpisah dan Harus menginstall program database khusus juga.
COMPILER PROGRAM
Program BillingExplorer menggunakan Compiler Program Bulit In, sehingga menghasilkan Program yang FULL Compatible dengan Aplikasi Program Yang sedang Berjalan, Tidak menyebabkan Error atau Bentrok dengan Aplikasi Program Lain, Tidak menyebabkan System PC Kasir menjadi Hang atau Macet, dan FULL Support dengan Operating System dari Generasi Awal Windows95/98/Me/NT/Win2000/XP/XP2/Win2003 baik Windows Edisi Home, Professional, Server dan sebagainya.

BillingExplorer Support Internet & Game Online / Offline / Wirelles Dsb. Sangat Stabil / Tidak Membuat Hang PC / Mendukung Semua Jenis Koneksi Internet (Dial-Up, ADSL, WaveLan, Wlan, Speedy Dsb). Mendukung Semua Jenis Windows Mulai Versi Awal Windows95/98/Me/NT/Win2000/WinXp/Win Xp Service 2/Win2003. Tidak Bentrok Dengan Program Aplikasi Internet & Game Online / Support Semua Koneksi TCP/IP , System DHCP, Proxy, Firewall. Mendukung Semua Jenis Merk & Type Hardware PC Anda CPU & Motherboard, VGA, Memory, Prosessor & Chipset PC.
KONEKSI SERVER & CLIENT
Program BillingExplorer Menggunakan Teknik Pemrograman Network TCP/IP Murni, Bukan Berdasarkan Sharing Direktory (Seperti Pada Billing lain) dan sebagainya. Hal inilah Yanng menyebabkan Koneksi Server dan Client terjaga dengan baik. Tidak perlu menyediakan Sharing Folder/Direktory dan Tidak Perlu melakukan refresh Time, Karena Hal ini justru menyebabkan Koneksi Server dan Client menjadi Lambat dan Sering menimbulkan masalah apalagi Kalau jumlah Clientnya banyak.
Sebelum membeli Program Billing, Bapak/ibu bisa menanyakan dahulu apakah Program Billing tersebut Support Full dengan TCP/IP dan Akses Antara PC Server dan Client, apakah berjalan normal normal saja atau agak tersendat-sendat.
FAST CONNECTION AFTER FAILURE
Program BillingExplorer Menggunakan Teknik Re-Conection Server Client yang cepat. Itulah Sebabnya, apabila koneksi PC server dan PC Client mengalami Gangguan Network, Program BillingExplorer akan mendeteksi, dan segera melakukan Re-Conection antara Server dan Client secara Cepat, dan TIDAK Perlu melakukan restart PC, Billing server secara otomatis akan mendeteksi Client yang sudah Active Networknya kembali.

Pada Billing lain, apabila koneksi Client mengalami kegagalan, maka koneksi akan putus dan tidak dapat terhubung kembali, kecuali di restart PCnya.

Bapak/ibu bisa mengecek apakah Program Billing tersebut dapat melakukan Auto Reconnection, baik secara Network TCP/IP serta Reconnection terhadap Database Programnya.
AUTO BACKUP AKTIVE USER
Program BillingExplorer Pada PC Kasir dilengkapi dengan fungsi AutoBackup. Data-data User yang sedang ACTIF / Online dibackup, sehingga apabila terjadi gangguan Pada PC Client atau Warnet atau Game Multiplayer terjadi Listrik Padam, maka data-data Pelanggan yang sedang aktif masih tersimpan. PC Kasir selanjutnya dapat menentukan, apakah dilakukan disconnect All Client atau Tetap Menunggu. Hal ini sangat memudahkan Operator. Setelah jaringan Normal, Perhitungan Billing Akan dilanjutkan Lagi, dan tidak perlu Login atau Mulai dari Awal.

Hal ini penting agar tidak terjadi kehilangan Data-data User saat terjadi gangguan PC Client atau Lampu Padam.
INSTALASI SERVER CLIENT YANG MUDAH
Program BillingExplorer dirancang dengan Pemrograman Khusus, sehingga memudahkan bagi Pemilik Warnet Game Rental atau Teknisi untuk melakukan Install Program Baik Server dan Client secara Mudah, Tidak bertele-tele dan sangat Cepat. Begitu Jaringan Server dan Client sudah terhubung, Tinggal melakukan SETUP Program di PC Kasir. Client yang sudah terhubung dengan Network, Secara Otomatis akan dikenali oleh PC Kasir. PC Kasir boleh diletakkan dengan IP Address berapapun, yang penting PC Client mengenali secara jaringan dengan PC Kasir. PC Kasir boleh diinstall sebagai Server Internet, Boleh juga sebagai PC Kasir tersendiri, Boleh Memakai IP Static, Boleh juga menggunakan IP Dinamic (DHCP).

Agar Pemilik Warnet Game Rental maupun Teknisi dapat Menginstall Program Billing dengan Mudah dan Cepat.
LAYANAN BESAR KONEKSI SERVER CLIENT
Program BillingExplorer dilengkapi dengan System Pemrograman Jaringan yang terstruktur. Itulah sebabnya, tidak ada masalah, apabila PC Kasir melayani / menghandle PC Client dengan jumlah ratusan koneksi secara bersamaan. BillingExplorer Versi 200 Client Sudah Dipakai Oleh Warnet Game Di Indonesia, dan Terbukti Stabil, Server Tidak ngadat. Koneksi antara Server dan Client dilayani, HANYA Pada Saat Client melakukan request, Tidak melakukan request secara terus menerus (seperti Pada Billing lain). Hal inilah yang menyebabkan, PC Kasir tetap STABIL dan Tidak MUDAH HANG atau MACET, meskipun menghandle jumlah PC Client yang banyak.
Koneksi Billing yang Tidak Stabil Dapat mengganggu kinerja PC Kasir..
MAINTENANCE / PERAWATAN YANG MUDAH
Program BillingExplorer diprogram dengan System Pemrograman yang Simple dan Universal. Tidak Sulit untuk melakukan maintenance atau Perawatan PC. Sampai saat ini sudah ribuan Program Billing Explorer digunakan oleh Warnet dan Game Multiplayer serta Rental baik di Indonesia maupun beberapa di Luar negeri. Kunci atau Masalah utama sebenarnya berada di Network. Apabila Network Server dan Client Tidak ada masalah dan Kondisi PC Kasir Normal, Program BillingExplorer akan di GARANSI dapat berjalan. Apabila PC Kasir ada masalah, misal Hardisk Rusak atau jaringan Network terganggu, Cukup ganti Hardisk, lalu install Windows dan Setting Networknya, dan terakhir SETUP Billing, maka masalah sudah BERES.

Agar Pemilik Warnet Game Rental maupun Teknisi dapat Menginstall Ulang Program Billing dengan Mudah dan Cepat. Tidak Harus Menginstall Ulang Database, Cukup SETUP SAJA, dan Tidak Ragu-ragu, apakah Program Billing nantinya bisa berjalan atau tidak.
INTERFACE PROGRAM SIMPLE & HANDAL
Program BillingExplorer menggunakan Interface / Antarmuka yang cukup simple tetapi HANDAL dan mempunya Fungsi dan Feature yang banyak. Dilengkapi dengan setting Biaya atau tarif yang bervariasi, sytem biaya Personal, Group, Paket, member baik Member Prabayar atau Non Prabayar. Interface yang simple sehingga sangat memudahkan Operator dan Pemilik Warnet atau Game. Handal, karena menggunakan Pemrograman yang terstruktur sehingga memperkecil resiko PC Kasir menjadi hang atau macet, Tidak menyebabkan Rusaknya Program Billing atau Program lainnya serta tidak menyebabkan koneksi yang tersendat-sendat antara billing server dan billing client.
MENGIKUTI PERKEMBANGAN TEKNOLOGI.
Program BillingExplorer diprogram secara Universal dan Uptodate. Saat ini Program BillingExplorer juga dipakai di Lab- Lab komputer, institusi, Lembaga Kursus, Sekolah dan sebagainya. Teknologi Jaringan LTSP dan Terminal Server atau System Citrix / Cloning, System Wireless bisa juga menggunakan Program BillingExplorer. Untuk update versi-versi baru, selain dilengkapi dengan fungsi-fungsi tambahan, juga ditambahkan Security yang tinggi (seperti pada DeskPro 3/4 2005), Penambahan Level Password, memperkecil kebobolan PC Kasir, Cek Kondisi Network Client Server dan sebagainya. Untuk Versi yang sejenis, Upgrade ke versi baru sangat murah, dan Tidak Perlu melakukan pembelian Program dari Awal lagi.
Saat ini Program BillingExplorer telah Meremove / Menggantikan Ratusan program billing lainnya di Warnet Warnet atau Multiplayer Game yang ada di Indonesia.

BillingExplorer Juga Menerima Ganti Billing Bagi Warnet-Warnet dan Game Multiplayer yang akan menggunakan Program BillingExplorer. saya Akan Memberikan Potongan Biaya Untuk Pembelian Program BillingExplorer.



Support All Windows Version Win2k (7/6/2002)
Program BillingExplorer Versi Terbaru Support dengan Semua Jenis Windows (Win95/98/Me/Win2000/NT/XP), baik Program Billing Server maupun Program Billing Client.
Fasilitas Terbaru Billing Client W2k:
Anti Ctrl Alt Del (Support All Windows Version)
Shutdown, Restart, Logoff (All Windows Version)
Auto Start-Up at Windows Boot-Up (All Windows Version).


Graphic Analisa Report Database

Program BillingExplorer Versi Terbaru Dilengkapi Dengan Graphic Analisa Report Database. Graphic Analisa Dapat Menampilkan Penggunakan Atau Pemakaian Dari Tiap-Tiap PC Client, Berapa Lama Durasi Pemakaian Tiap PC Client Oleh User, Jam-Jam Sibuk Dari Pemakaian User Setiap Harinya, Pendapatan Yang Diperoleh Dari Tiap-Tiap Login Seperti Personal, Student, Game, Member, Pra-Bayar Dsb, Yang Semuanya Dapat Disetting PerHari/Bulan/Tahun.
Daftar Warnet - Multiplayer Game :
Saat Ini Program BillingExplorer Telah Digunakan Secara Luas Lebih dari 2300 Warnet & Multiplayer Games Yang Tersebar Pada Kota-Kota di Indonesia dan Beberapa di Luar Negeri.
BillingExplorer Di Kota-kota :

Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Padang, Lampung, Jambi, Riau, Padangsidimpuan, Kota-Kota di P. Jawa (Jakarta, Bandung, Bekasi, Tangerang, Cirebon, Cinere, Depok, Cengkareng, Cilegon, Karawang, Sumedang, Bogor, Semarang, Solo, Surakarta, Yogyakarta, Sleman,
Sragen, Cepu, Pemalang, Salatiga, Madiun, Pacitan, Ponorogo, Magetan, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Bangil, Tuban, Malang, Kediri, Jember, Wonogiri, Situbondo, Bondowoso, Banyuwangi Dsb), Kota-Kota di P. Bali (Denpasar, Ubud, Nusa Dua, Amlapura, Bangli, Gianyar, Singaraja, Seminyak, Kuta, Tabanan Dsb.), Banjarmasin, Tarakan, Pontianak, Palangka Raya, Banjarbaru, Pangkal Pinang, Makassar, Mataram, Samarinda, Gorontalo, Kendari, Menado, Jaya Pura Kota-Kota Lain di Indonesia.

Support All Windows :
Support O/S Win95/98/Win-NT/Win2000/Win-ME/WinXp
Support Protocol TCP/IP dan Net-BEUI
Support Internet Sharing Proxy
Support DHCP dan Fix-IP Address
Kompatible Dengan Aplikasi Internet Lainnya
Full Fasilitas& Stabilitas Yang Tinggi.


Proteksi Client :
Disable/Enable Control Panel
Disable/Enable System DOS
Hidden/Show Drive A
Hidden/Show All Drive
Hidden/Show Network Neighborhood
Hidden/Show Icon Desktop
Disable/Enable Registry Windows


Stabil & Aman :
Tidak menyebabkan #Crash
Tidak membebani PC SERVER
Autobackup & AutoConnections
Tidak Masalah SERVER Hang (Macet)
Tidak Masalah CLIENT Hang (Macet)


System Security : 
Security#1 File Database
System Proteksi, Anti ctrl-alt-del
Password Administrator
Password Admin Client
Password Database
Password Exit System


Versi Dinamic4, Dinamic4 Game, DeskPro3/4/5/6/7/8 : 
Compatible dengan Games Multiplayer CS
Pemakaian System Pra-Bayar & Non Pra-Bayar
Generate Quick Member
Blocking Applikasi Internet - Non Internet
System Counter Time
Report Member (Pra-bayar) Seperti 
Jumlah Uang Masuk
Update Acccount
Penambahan Member (Anggota Baru)
Tanggal Active Member
Tanggal Masuk Member
Masa Aktif Berlakunya Member
Aktivitas Pemakaian Dari Member
Update Account Client Automatic
Versi X-Linux :
Mempunyai feature yang sama dengan Versi Grand dan Game.Net, tetapi pada Versi X-Linux digunakan untuk Server dan Client yang menggunakan system operating LINUX.


Versi Web-base Edition :

Versi Web-Base mempunyai Feature Yang Sama Dengan Versi Grand & Game.Net, Tetapi ada tambahan Fasilitas yaitu Report Database Via Web.
Data-data Seperti User Name, Waktu Start, Durasi, Total Biaya Pemakaian PC Tiap-tiap Client, Nama Operator Dsb. akan dikirim ke Website. 

Pemilik Warnet - Multiplayer Game Dapat Memantau Warnet & Multiplayer Game secara Remote dari Lokasi Lain (Diluar Warnet). Report Database Pendapatan baik Per-Hari/Bulan/Tahun, Client Connection Billing, Status Active User, Messages ke Operator dsb. Dapat dilakukan langsung dari Lokasi Lain Melalui Akses Internet (Website). 
1. Compatible Dengan Windows '95/'98/Me/2000/NT/XP
BillingExplorer berjalan dengan stabil pada Operating System Win'95/98/Me/2000/NT/XP. BillingExplorer juga Support Protocol TCP/IP dan Net-BEUI, Support DHCP dan Fix-IP Address.

2. Tidak Membebani PC Server & Client
Mampu menerima ratusan koneksi dari komputer Client tanpa harus membebani kerja dari komputer server. Kestabilan dan Sistem keamanan yang tinggi dan telah teruji pada PC's LAN Games sehingga tidak menyebabkan komputer atau PC menjadi hang (macet).

3. Variasi Login Client
Fasilitas login Client yang bervariasi seperti Personal, Member, Pre-Paid, Student, Game, Login Group dan sebagainya.

4. Report Database
Fasilitas Report Database per hari/bulan/tahun
Merupakan ringkasan laporan yang menampilkan pendapatan masing-masing per operator Report database dapat dicetak ke Printer maupun di save ke File Text. File Report ini juga dapat dikirim melalui Email.

5. Customize Setting Biaya & Discount Happy Hour
Setting biaya yang dapat di customize serta menentukan beragam jenis tarif dan discount yang berbeda yang dapat diatur pada setiap member, maupun Login lainnya.

Misal Warnet menetapkan perhitungan tarif biaya sbb:
08:00-21:00 Waktu normal Rp 4000/jam
21:00-23:00 discount 25% = (4000 x 75%= Rp 3000)
23:00-04:00 discount 50% = (4000 x 50%= Rp 2000)
04:00-08:00 discount 75% = (4000 x 25%= Rp 1000)
Dengan Perhitungan waktu normal sbb:
Per 15 Menit = Rp. 1000,-
Minimal Pemakaian = 15 Menit = Rp. 1000,-

6. Security#1 File Database
File Database Report dan File Database Member menggunakan Data yang telah di Encrypt. File Database hanya dapat dibuka melalui Program Billing Server dengan verify Password Database Administrator. Hanya administrator atau Pemilik yang diberi hak akses dan berhak untuk mengedit file database report.

7. Auto backup dan Auto Connection
Apabila PC Server atau PC Client mengalami hang (macet), data otomatis akan diback-up. Apabila PC tersebut aktif kembali, secara otomatis akan melakukan connection dan Proses perhitungan akan diteruskan lagi

8. Disable CTRl+Alt+Del - TASK MANAGER .
BillingExplorer berfungsi untuk mengunci komputer Client dengan cara mematikan fungsi CTRL-ALT-DEL, CTRL-ESC, ALT-Tab ALT-F4, ALT-SPACEBAR-C, TASK-LIST, TASKBAR (Win95 / 98 / Me / NT / 2000 / Xp).

9. Change Operator
Fungsi ini digunakan untuk mengganti operator yang aktif untuk saat ini dengan cara men-scroll atau memilih pada daftar operator.

10. Bersifat Universal
BillingExplorer sangat cocok digunakan untuk warnet, multiplayer games, rental komputer ( pengetikan ), perpustakaan, kursus maupun bisnis yang lain.

11. User Friendly
Proses installasi yang sangat cepat dan mudah ( settingless ) sehingga mudah dimengerti oleh semua orang maupun operator bisa melakukannya meskipun belum mengenal sama sekali tentang Komputer.

12. Time Warning from Server
Pengaturan pengiriman pesan peringatan secara otomatis maupun pada durasi tertentu yang dikirim dari komputer server ke komputer terminal baik secara satu persatu maupun keseluruhan.

13. Time Warning from Client
Pengiriman pesan peringatan secara otomatis maupun pada durasi tertentu yang dikirim dari komputer Client ke komputer server ( operator ) atau peringatan yang digunakan untuk mengingatkan pemakai itu sendiri.

14. Calculator
Fungsi ini sebagai calculator untuk perhitungan keuangan seperti penjumlahan, pengurangan, pembagian atau perkalian serta untuk mengurangi sisa jumlah uang yang telah dibayarkan dengan biaya pemakaian internet.

15. Lock All Client
Fungsi ini akan melalukan Lock (mengunci PC Client) sehingga PC client tidak bisa digunakan untuk Login.

16. Un-Lock Client
Fungsi ini akan membuka (Un-Lock) PC client yang telah dikunci. Untuk Un-Lock Client, dapat dipilih untuk tiap PC client tertentu atau Semua PC Client.

17. Jenis Login Client
Fungsi ini secara remote akan mengontrol Login PC Client, sehingga server dapat memilih Login apa saja yang ingin ditampilkan pada PC Client.

18. Disconnect Client
Apabila user lupa untuk men-disconnect Billing, Maka Server secara remote dapat mendisconnect PC Client. Server dapat men-disconnect untuk tiap PC Client atau untuk Semua PC Client.

19. Move Client
Pindah tempat dari komputer satu ke komputer yang lain tanpa harus finish sehingga total harga yang pertama akan langsung pindah ke komputer yang kedua.

20. Shutdown Client
Komputer server dapat melakukan secara remote proses shutdown, restart, log-off PC client Proses ini dapat dipilih untuk satu PC client tertentu atau semua PC Client.

21. Counter Time
Komputer server dapat melakukan secara remote proses counter time. Fungsi ini sebagai time counter yang secara otomatis akan men-disconnect PC untuk tiap waktu yang telah disetting sebelumnya.

22. Messages Server-Client
Mengirim Pesan dari komputer server/operator ke komputer Client, begitu juga antar PC client ke PC client atau dari PC client ke PC server.

23. Transaksi Penjualan (On-Line)Memasukkan data transaksi penjualan non akses, seperti pembelian makanan, minuman, diskett, jasa scanner, jasa printer dsb. Dimana pembeli makanan tersebut sedang memakai komputer ( on line ) sehingga pencetakan dilakukan dalam satu tagihan bersama billing penyewaan.

24. Transaksi Penjualan (Off-Line)
Proses pemasukan data transaksi penjualan non akses, seperti makanan, minuman, Scan, Print, Pembelian Diskett dan sebagainya dilakukan dalam nota tersendiri.

25. Stock Data Barang
Persedian barang ( makanan, minuman, snack, rokok, kertas dll ) dapat dimasukkan pada menu stock yang mana nantinya akan berkurang dengan sendirinya (otomatic).

26. Autorun at Startup windows Client
Setelah BillingExplorer terinstall dengan sempurna maka secara otomatis akan berjalan dengan stabil pada startup Windows tanpa harus meletakkan pada startup secara manual.

27. Compatible Semua Proxies
BillingExplorer sangat kompatibel dengan semua jenis proxy maupun ISS seperti winproxy, Winroute, Wingate dan lain sebagainya, sehingga tidak akan terjadi crash, billing tidak jalan ataupun windows anda rusak.

28. Members Pra-Bayar
System bayar di depan yang bisa dicustome berdasarkan tarif maupun jam pemakaian dan secara otomatis men-disable account member yang telah expired yang sebelumnya ada warning terlebih dahulu ke member dan sisa uang masih tersimpan dalam database.

29. Profile Members
Fasilitas ini memungkinkan pemilik warnet untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas dari setiap member, seperti data Nama member, Alamat, Kota, Email, Jumlah Account, Jenis Member dan sebagainya.

30. Quick Member
System member cepat dimana username dan password di-generate langsung oleh komputer itu sendiri. Ini sering sekali digunakan pada system bayar didepan karena sangat cocok sekali digunakan untuk pemakai Multiplayer Game.

31. Client Status on Server
Status masing-masing komputer client akan ter-display langsung di komputer server secara realtime seperti durasi, harga, discount, account member, maupun total harga yang harus dibayar.

32. Charge Status on Client
Status harga, mulai durasi, berapa jam pemakain, jam berapa mulainya, setiap hitungan berapa menit/detik, berapa total yang harus dibayar akan tampil pada komputer client sehingga user bisa memutus kapan harus finish (selesai).

33. Member Account
Semua account member bisa di non-aktifkan dari server sehingga account member tersebut tidak bisa digunakan lagi.

34. Update Member Accounts
Melakukan pencarian serta update account member dengan cepat dan cukup diketikkan nama member ID tersebut.

35. Masa Aktif Member
Secara otomatic account member tidak bisa digunakan apabila masa berlakunya sudah habis.

36. Remote Client
Komputer Server dapat melakukan remote atau melihat aplikasi yang dijalankan oleh tiap-tiap PC Client sehingga Server dapat memantau atau mengontrol penggunaan aplikasi oleh PC Client.

37. Blocking Internet
Mematikan fasilitas Internet Explorer dan Internet Option sehingga setting proxy maupun setting yang lain tidak dapat dirubah oleh user.

38. Disable Fasilitas Windows
Me-nonaktif-kan fasilitas Windows, seperti Display Vga Control Panel, Network Neighborhood, Windows registry, Windows Property, Menu Run, Command DOS Prompt dan lain-lain.

39. ON/Off Auto Print
Apabila printer dalam keadaan on maka secara otomatic akan mencetak nota pint out pada kertas kasir.

40. Blocking Applikasi
Menutup serta mematikan (Kill and Destroy) aplikasi ( program ) baik internet maupun non-internet yang ada pada PC client.

41. Multi Server/User
Program BillingExplorer mempunyai fungsi Multi Server/User sehingga file database baik member maupun report dapat digunakan secara bersama-sama. Pemilik Warnet-Game dapat menempatkan PC server untuk tiap-tiap lokasi ruangan. Setiap ruangan mempunyai 1 kasir (PC Operator), tetapi antara PC operator satu dengan PC-Operator lainnya bisa berhubungan, sehingga data dari masing-masing PC-Operator dapat saling berhubungan.

42. Support Internet & Multiplayer Game
Semua aplikasi yang dijalankan pada PC baik Server maupun Client, dapat berjalan dengan baik. Aplikasi internet seperti browser IE, Netscape, dan Program Chatting lainnya serta aplikasi Multiplayer Game seperti Counter Strike, Nexia, Dsb dapat berjalan dengan baik.

43. Variasi Biaya ystem Group
Dengan biaya system group / tabel, Setting biaya menjadi bervariasi dan fleksible. Biaya bisa disetting dengan waktu minimal tertentu, baik per 1 menit, 5 menit, 15 menit atau di-isi bebas sesuai dengan keperluan. Tiap-tiap biaya system group tersebut dapat pula disetting untuk tiap-tiap login dan tiap-tiap user pemakai. Tersedia juga diskon untuk system group.

44. Report Data via Web (Web-Base Edition)
Program BillingExplorer Versi Web-base Edition Dilengkapi Dengan Fasilitas Report Database to Web. Data-data Seperti User Name, Waktu Start, Durasi, Total Biaya Pemakaian PC Tiap-tiap Client, Nama Operator Dsb. akan dikirim ke Website. Pemilik Warnet - Multiplayer Game Dapat Memantau Database Pendapatan Langsung baik Per-Hari/Bulan/Tahun, dari Lokasi Lain diluar Warnet.

45. Tidak menyebabkan System #Crash
Program BillingExplorer telah diuji Coba, Baik Pada Semua Jenis Windows serta Mesin CPU untuk merk/type yang berbeda-beda, dan tidak menyebabkan system tersebut menjadi crash-macet-hang.

46. Fasilitas Lain-Lain ...
Masih Banyak Fasilitas Lain dari Program BillingExplorer Yang Belum Sempat dijelaskan semuanya di website, Tetapi bagi Bpk/Ibu Yang Ingin mencari Program Billing untuk System Warnet / Multiplayer Game, saya menyarankan Sebaiknya Pilihan Pertama Yang Harus Dilakukan untuk Uji Coba adalah Apakah Billing Tersebut Stabil dan Tidak Menyebabkan System PC menjadi crash-hang-macet, Jika aplikasi billing tersebut dijalankan untuk Waktu yang lama?. Untuk mencoba Program BillingExplorer, Silahkan download file instalasi yang terdapat pada website ini.

Tambahan Fasilitas Baru :
Program BillingExplorer Versi 4.43 R-17b Dilengkapi Dengan Fasilitas Report Database to Web. Data-data Seperti User Name, Waktu Start, Durasi, Total Biaya Pemakaian PC Tiap-tiap Client, Nama Operator Dsb. akan dikirim ke Website. Pemilik Warnet - Multiplayer Game Dapat Memantau Database Pendapatan Langsung baik Per-Hari/Bulan/Tahun, dari Lokasi Lain Melalui Akses Internet (Website)Fasilitas Pada Versi baru :

Discount Happy Hour Tiap-Tiap Login
Discount Login Personal, Group, Student, Game, Member dan Pre-paid
Diskon Happy Hour Tiap-Tiap Jam Pemakaian
Diskon Happy Hour Hari Ulang Tahun Member
Diskon Happy Hour Hari Besar Nasional
Diskon Happy Hour Hari Libur
Log Monitoring
Password Tiap-Tiap Operator
History Data Member
Security File Database
System Calculator untuk Kasir
Toleransi Waktu Mulai Perhitungan
Update Account Client
Report Database Verdasarkan Jenis Login
Report Pemakaian Tiap-Tiap User Harian/Bulanan/Tahunan
Report Pemakaian Tiap-Tiap Member (Pre-paid)
View Statistik Pemakaian Durasi Member (pre-paid)
Pemasukkan Uang Dari Pra-Bayar Untuk Harian/Bulanan/Tahunan
Shorting Report Database Harian/Bulanan/Tahunan/Per-Operator
Print Report Database Berdasarkan Jenis Login
History Member Berdasarkan Nama Operator
System Discount Perjam dan Discount bertingkat
Report Member (Pra-bayar) Seperti Jumlah Uang Masuk,
Update Acccount, Penambahan Member (Anggota Baru),
Tanggal Active Member, Tanggal Masuk Member, Masa Aktif Berlakunya


Member dan Aktivitas Pemakaian Dari Member tsb.
Password Client If Not Connect Dsb.


Win2000 / Win2003 / WinXP / NT / 98
Instalasi Pada OS Windows Sangat Mudah Sekali.

Dari CD Billing, Jalankan File Setup.Exe

Misal : Server Billing IP Address -> 192.168.0.1
PC Client1 IP Address -> 192.168.0.2
PC Client2 IP Address -> 192.168.0.3
PC Client3 IP Address -> 192.168.0.4
PC Client4 IP Address -> 192.168.0.5 dst

Server Operator bisa menggunakan O/S win95/98/Me atau Win2000/Xp/NT.
Client bisa menggunakan O/S win95/98/Me atau Win2000/Xp/NT.

Sebelum menginstall billing, Pastikan Jaringan Network Server dan Client
sudah terhubung dengan baik, caranya : lakukan proses "ping"

Contoh Ping dari Client No. 1 ke PC Server.

Dari Command Prompt :
C:>ping 192.168.0.1 <tekan enter>

Jika Koneksi Network berjalan dengan baik, maka akan ditampilkan
C:>Reply from 192.168.0.1 : bytes 32 .........

Jika Network masih belum bekerja, akan ditampilkan
C:>Request timed out .....

Untuk mengetahui IP address dari Komputer O/S Windows.
C:>ipconfig <tekan enter> 

Setelah Jaringan Network bekerja dengan baik, Instalasi Billing bisa dilakukan.
Win95 / 98 / ME

Misal : Server Billing IP Address -> 192.168.0.1
PC Client1 IP Address -> 192.168.0.2
PC Client2 IP Address -> 192.168.0.3
PC Client3 IP Address -> 192.168.0.4
PC Client4 IP Address -> 192.168.0.5 dst

Server Operator bisa menggunakan O/S win95/98/Me atau Win2000/Xp/NT.
Client bisa menggunakan O/S win95/98/Me atau Win2000/Xp/NT.

Sebelum menginstall billing, Pastikan Jaringan Network Server dan Client
sudah terhubung dengan baik, caranya : lakukan proses "ping"

Contoh Ping dari Client No. 1 ke PC Server.

Dari Command Prompt :
C:>ping 192.168.0.1 <tekan enter>

Jika Koneksi Network berjalan dengan baik, maka akan ditampilkan
C:>Reply from 192.168.0.1 : bytes 32 .........

Jika Network masih belum bekerja, akan ditampilkan
C:>Request timed out .....

Untuk mengetahui IP address dari Komputer O/S Windows.
C:>ipconfig <tekan enter> 

Setelah Jaringan Network bekerja dengan baik, Instalasi Billing bisa dilakukan.


Versi LINUX
Billing Linux Extended :
Support Mandriva 2007/2008, Fedora 4/5/6/7/8, Ubuntu 5/6/7/8
Fasilitas Move Client (Pindah Client)
Full Anti ALT TAB, ALT ESC, CTRL ESC, CTRL ALT DEL
Sudah dilengkapi fasilitas Member/Pre-paid (Prabayar),
Sistem diskon/happy hour,
Remote Shutdown/Restart dari Server,
Bisa automatic Shutdown/Restart Jika Client Disconnect
Versi Full Linux atau Campuran Windows Linux

Instalasi Versi Linux Sangat Mudah
Tinggal copy dari cd, Klik, Program langsung running
Tidak perlu instal database
Tampilan Colour/berwarna
STABIL & Tidak Membuat Linux menjadi HANG
( test >24 jam, Billing tetap stabil )

User Friendly & Support Internet & Multiplayer Game

GAMBAR TAMPILAN BillingExplorer Linux :

Linux Mint FreeSpire
Linux Suse PCLinuxOS 2007
ZenCafeUbuntu 7.04
Knoppix 3.0Slackware
Fedora CoreCentOS
XandrosZenwalk
Mandriva2006 Mandrake
Gento LinuxZenwalk
Vector LinuxIGOS Nusantara



BillingExplorer Linux Support :

Distro PCLinux, ZenCafe, Vector Linux Soho, Mandriva, Redhat, Xandros, Fedora Core, Ubuntu, Kubuntu, PC OS Linux, Pinux (Pointer Linux), Debian, Mandrake dan Jenis linux versi terbaru lainnya. Support Ubuntu 8, Mandriva 2008, Fedora 8 dsb

Cocok Bagi Yang Ingin Membuka Usaha Bidang
Warnet, Game, Rental Dengan O/S LINUX,
Karena Instalasi Yang Sangat Mudah
File Billing Cukup Dicopy, dan sudah Bisa Jalan.

Server Internet / PC Kasir
Bisa LINUX / Windows
Dengan IP Address -> 192.168.0.1

PC Client1 IP Address -> 192.168.0.2
PC Client2 IP Address -> 192.168.0.3
PC Client3 IP Address -> 192.168.0.4
PC Client4 IP Address -> 192.168.0.5

PC Kasir bisa juga dipisah dgn PC Server,
Misal PC Kasir Operator -> 192.168.0.200 ... dst

Sebelum menginstall billing, Pastikan Jaringan Network Server dan Client sudah terhubung dengan baik, caranya : lakukan proses "ping"
Contoh Ping dari Client No. 1 ke PC Server.
Dari Command Prompt :
root@admin $>ping 192.168.0.1

Jika Koneksi Network berjalan dengan baik, maka akan ditampilkan
root@admin $>64 bytes from 192.168.0.1 : icmp_seq .........

Jika Network masih belum bekerja, akan ditampilkan
root@admin $>Request timed out .....

Untuk mengetahui IP address dari Komputer O/S LINUX.
root@admin $>/sbin/ifconfig

Setelah Jaringan Network bekerja dengan baik, Instalasi Billing bisa dilakukan.


TIPS BillingExplorer


TANYA :
Bagaimana system pen-tarif-an biaya pada program billingexplorer?

JAWAB :
Secara garis besar ada 2 sistem pen-tarif-an, yaitu:

a. Tarif Pra-bayar (bayar depan)
User membeli dahulu sejumlah voucher (membayar uang dimuka)
sebelum memakai/menyewa. Login yang digunakan adalah Pre-paid.
Sistem Pre-paid bisa dikembangkan menjadi Sistem Paket, Sistem Voucher dsb.
Voucher bisa digunakan kembali atau bisa juga disetting, voucher sekali main habis.

b. Tarif Bayar (bayar belakangan)
User membayar di kasir, setelah disconnect atau selesai.
Misal Login Personal, Student, Group, Paket, Member biasa

Sedangkan Tarif / setting biaya pada program billingexplorer,
bisa bermacam-macam dan bisa di setting sendiri oleh
pemilik warnet/game/rental, pada masing-masing LOGIN BILLING.

TANYA :
Mengapa member yang sudah saya setting tidak bisa
digunakan untuk login ke billing atau biaya transaksi penjualan
menunjukkan angka decimal/pembagian 1000?

JAWAB :
Hal ini hanya dikarenakan setting regional pada windows.

Untuk server billing, Bpk/ibu bisa mengubah regional
setting ke format sbb:

1. Bpk/Ibu buka Control Panel
2. Pilih Regional Setting
3. Country
English (United Stated)
4. Number
Decimal Symbol .
Digit Symbol ,
5. Time
Time separator di isi tanda :
6. Date:
format m/d/yy

Tekan OK/Apply, Biling Server diclose, kemudian dipanggil ulang,
Kemudian Bpk bisa membuat member baru, begitu juga
Biaya transaksi penjualan akan ditampilkan dengan normal kembali.


TANYA :
Apa perbedaan antara member pre-paid dan member biasa?

JAWAB :
Pada BillingExplorer terdapat beberapa system member.
a. Member pre-paid
User didaftarkan pada menu member dengan account tertentu,
selain 888888. Pada Client menggunakan LOGIN PRE-PAID.
Account akan berkurang sebanyak lamanya pemakaian.
Sisa Waktu pemakaian berupa Uang (Rupiah).

b. Member non pre-paid.
User didaftarkan pada menu member dengan account 888888.
Pada Client menggunakan LOGIN MEMBER.

c. Pada versi baru Dinamic, ada system pre-paid Voucher.
User didaftarkan pada menu member dengan voucher biaya
yang sudah di setting.
Pada Client menggunakan LOGIN PRE-PAID.
Account akan berkurang sebanyak lamanya pemakaian.
Sisa Waktu pemakaian berupa Menit.

TANYA :
Saya sudah setting LOGIN PAKET, tetapi user tidak
dapat Login di client?

JAWAB :
LOGIN PAKET menggunakan user name bebas dengan
password tertentu. Password di setting pada server
melalui menu FILE - PASSWORD LOGIN.

Setelah mengisi PASSWORD TEKAN OK.
Setelah itu, user dapat login kembali.

Beberapa 'kesalahan kecil' yang kadang dilakukan adalah,
Tanpa sengaja Operator/Penjaga Billing,
mengubah password tsb.

Password LOGIN PAKET & LOGIN GROUP akan otomatis
berubah (sistem acak/random) begitu memanggil
menu FILE - PASSWORD LOGIN.

Agar dapat Login kembali, maka digunakan cara diatas,
yaitu melalui menu FILE - PASSWORD LOGIN
Setelah mengisi PASSWORD TEKAN OK.

TANYA :
Saya punya karyawan, bagimana agar karyawan saya
tetap bisa menggunakan PC Client, tanpa mematikan
aplikasi billing client?

JAWAB :
Untuk karyawan, Bpk/Ibu bisa menggunakan LOGIN MEMBER
atau PRE-PAID.
a. Jika ingin membatasi Lama pemakaian, gunakan system pre-paid.
Buatkan account khusus untuk LOGIN PREPAID untuk karyawan bpk/ibu.

a. Jika tanpa membatasi Lama pemakaian, gunakan system member biasa.
Buatkan account khusus untuk LOGIN MEMBER untuk karyawan bpk/ibu.

TANYA :
Apakah bisa, operator yang bertugas,
mengetahu jika ada User yang disconnect?

JAWAB :
Pada BillingExplorer terdapat fungsi WATCH CLIENT.
Activekan fungsi tersebut, melalui menu ACTIVE WATCH CLIENT

Untuk melihat bisa juga dari menu VIEW - WATCH CLIENT.
TANYA :
Kadang dalam waktu yang bersamaan, ada 4 - 5 User melakukan
Disconnect. Bagaimana cara agar operator tidak pusing dan mengetahui
siapa saja user yang disconnect tsb?

JAWAB :
Setiap user disconnect akan masuk ke report Database.
Cara yang dilakukan banyak sekali, diantaranya :

a. Melalui Tabel Report Database
Buka tabel report pendapatan/database.
Menu VIEW - REPORT DATA - VIEW
atau klik gambar ikon report pendapatan.

Scroll pada tabel Report dan Lihat dibagian paling bawah tabel,
akan tertera user yang disconnect.

b. Melalui Window Watch Client.
Buka menu VIEW - WATCH CLIENT,
akan ditampilkan user yang disconnect.

TANYA :
Bagaimana operator tahu, bahwa user yang sudah selesai,
telah melakukan pembayaran atau belum?

JAWAB :
Setelah user disconnect, maka pada program billingexplorer,
baris user akan ditampilkan dengan warna MERAH.

Apabila User sudah membayar ke kasir,
Operator cukup menekan "double klik" pada MOUSE
di baris user tsb, maka warna berubah menjadi PUTIH.


TANYA :
Bagaimana untuk mencegah, agar tidak sembarangan
User bisa Login ke Billing, sebab di warnet dan multiplayer saya,
banyak user iseng, main tombol keyboard dan menekan tombol LOGIN?

JAWAB :
Billing bisa diproteksi agar user yang login
dapat diketahui pihak operator.
Caranya : Aktifkan fungsi LOCK CLIENT.
Pada billingexplorer, menu TOOLS - LOCK ALL CLIENT, tekan OK.

User yang akan login, cukup memberitahu operator.
Pihak Operator cukup membuka LOCK,
melalui menu TOOLS - UNLOCK CLIENT

Agar Fungsi LOCK CLIENT aktif begitu billing server dijalankan,
caranya : Menu FILE - SETTING KONFIGURASI, bagian
PASSWORD + SETTING CLIENT terdapat keterangan
"Semua Client diberi hak Login"
Bagian tersebut jangan dicawang, kemudian tekan OK

TANYA :
Saya sudah terlanjur beli Billing versi standart.
Apakah saya harus membeli dari awal lagi apabila
ingin memakai versi Grand atau Versi Dinamic?

JAWAB :
Pihak BillingExplorer membolehkan pemilik warnet untuk
update ke versi diatasnya,
Tidak perlu membeli dari Awal lagi, tetapi cukup membayar selisih
dari harga versinya.

TANYA :
Saat ini warnet di tempat saya menggunakan PC client
sebanyak 12 unit dan memakai billingexplorer versi 16 client.
Saya ingin menambah lagi 15 PC, sehingga total ada 27 PC Client.
Bagaimana agar semua PC tetap menggunakan billing?

JAWAB :
Bpk/ibu bisa menghubungi saya untuk meng-upgrade billing
ke versi diatasnya, misal versi 30 Client.
Biaya upgrade adalah sebesar selisih dari harganya.


A. BillingExplorer Di-Install Jadi Satu Dengan Server Internet
INTERNET----MODEM---SERVER/GATEWAY/PC KASIR
                                                         |
                                                         |
                                                     HUB
                                                         |
                                                         |
CLIENT 1----CLIENT 2 ----CLIENT 3 ----CLIENT 4 ---dst



B. BillingExplorer Di-Instal Pada PC Tersendiri

INTERNET-------MODEM------SERVER/GATEWAY --- PC KASIR
                                                         |
                                                         |
                                                     HUB
                                                         |
                                                         |
CLIENT 1----CLIENT 2 ----CLIENT 3 ----CLIENT 4 ---dst


Misalkan Jaringan Networknya sebagai berikut

<<<< MENGGUNAKAN FIX IP >>>>
BillingExplorer Kasir
IP Address 192.168.10.1
Subnet Mask 255.255.255.0
Gateway 192.168.10.1

Client Nomor 1
IP Address 192.168.10.2
Subnet Mask 255.255.255.0
Gateway 192.168.10.1

Client Nomor 2
IP Address 192.168.10.3
Subnet Mask 255.255.255.0
Gateway 192.168.10.1

Client Nomor 3
IP Address 192.168.10.4
Subnet Mask 255.255.255.0
Gateway 192.168.10.1

Client Nomor 4
IP Address 192.168.10.5
Subnet Mask 255.255.255.0
Gateway 192.168.10.1

dst ...................
<<<< MENGGUNAKAN DHCP >>>>
Pada PC Server / Kasir, misalkan :
Computer Name = server

1. Jalankan Setup billing pada CD instalasi
/Billing/Setup/Server16/Disk1/Setup.Exe
Ikuti terus perintahnya, dan bila berhasil akan ditampilkan pesan bahwa instalasi telah sukses.

2. Langkah selanjutnya adalah instalasi program client.
Pada CD instalasi di /Billing/Setup/Client/Disk1/Setup.exe
Ikuti terus perintahnya, dan bila berhasil akan ditampilkan pesan bahwa instalasi telah sukses.

Ada 2 hal yang harus di-isikan saat pertama setting client,
yaitu :
1) IP address komputer Billingexplorer kasir
Anda isi dengan IP address dari komputer dimana program billing-explorer anda install.
Untuk contoh diatas, isilah dengan
192.168.10.1

Jika PC BillingExplorer dipisah, dan di-instal pada PC tersendiri
(Contoh B)
dengan IP 192.168.10.100,
Maka, Isikan dengan 192.168.10.100

Pada bagian ini, Dapat juga di-isi dengan "Computer Name"
dari komputer billing-kasir yaitu "server"

2) Nomor Komputer
Karena billing-client ini di-install di Client nomor 1, maka anda isi dengan 1
Bila billing-client ini anda install di komputer Client nomor 2, maka anda juga harus mengisi dengan angka 2.
Begitu seterusnya




Pada saat Billing server diaktifkan:
Jika belum ada client yang Login, warna dasar kuning
Jika ada ada user yang login, warna menjadi hijau (active)
Jika user disconnect, warna menjadi merah (STOP)
Tips : Apabila user sudah membayar di kasir (operator),
tekan double klik mouse, sehingga warna menjadi putih (clear).

Jika User telah membayar di operator, Untuk menghitung uang kembalian, Operator cukup mengklik baris pada tabel general, kemudian tekan
icon calculator (Menu tools-calculator).
Biaya pemakaian otomatis dimasukkan, dan operator
cukup memasukkan uang pembayaran, kemudian tekan ENTER.
Maka nilai uang kembalian akan ditampilkan.

Apabila User lupa mendisconnect Billing, Operator
dapat memutus Billing dari server.
tips : Operator cukup meng-klik baris User, kemudian
tekan icon Disconnect (Menu tools-Disconnect Client)

Menu : "File-Setting Konfigurasi-Setting Biaya"
Ada 2 option:
*Biaya dibagi per 15,30,45,60 menit
*Biaya dengan system group.

Tips : Untuk Setting biaya yang fleksibel, gunakan
option ke dua, yaitu Biaya dengan system group

Langkah-Langkah:
a. Buat Tabel Group biaya (tekan tombol Sytem Group)
b. Definisikan Tarif biaya pada Tabel
c. Dibagian bawah login Personal, Group, Student dsb.
cukup di-isi Nomor Group berdasarkan Tabel yang didefinisikan.

Pada Billing Explorer, Istilah Group dibagi 2 :
1. Login Group
Login Group, sama seperti Jenis Login Lainnya (Personal, Student, Game dan sebagainya) digunakan Untuk Login pada PC client.

2. Biaya Group
Tarif Perhitungan berdasarkan Tabel Group Biaya yang telah didefinisikan.

Pada Billing Explorer, Member dibagi 2 :
1. Member Biasa
Member dengan account 888888
Pada Client, User dapat Login dengan menekan Tombol Member.

2. Member Pre-Paid (Pra-bayar)
Member dengan account sebesar uang yang telah dibayarkan dimuka oleh user pengguna.
Pada Client, User dapat Login dengan menekan Tombol Pre-Paid.
Bila selesai, account yang dimiliki user, otomatis akan berkurang sesuai dengan jumlah pemakaian. Apabila Account sudah habis, Billing secara
otomatis akan di-disconnect.

Untuk membuat Member, ada 2 cara :
1. Default Member
Membuat member dengan data member yang lengkap.

2. Quick Member
Membuat member dengan cara yang cepat,
Member bisa digenerate automatic oleh Program,
atau diketik manual.

Langkah-langkah
1. Menu Tools-Member Area-View and List
2. Masukkan password (admin/input member)
3. Isikan user name dan password untuk member tsb.
misal membuat member baru:
user name = abcde
password = 12345
account = <tekan tombol 888888>
Nomor Group = Di-isi sesuai dengan nomor
pada Tabel Biaya system group

masa aktif = 30
Tekan tombol "Add"
4. Bila berhasil, akan keluar pesan "Add member Success"
5. Pada Client, user dapat Login melalui tembol "Member"

Langkah-langkah
1. Menu Tools-Member Area-View and List
2. Masukkan password (admin/input member)
3. Isikan user name dan password untuk member tsb.
misal membuat member baru :
user name = tes123
password = tes
account = di-isi sesuai uang yang dibayar, misal 50000,-
Nomor Group = Di-isi sesuai dengan nomor
pada Tabel Biaya system group

masa aktif = 30
Tekan tombol "Add"
4. Bila berhasil, akan keluar pesan "Add member Success"
5. Pada Client, user dapat Login melalui tembol "Pre-Paid"

Jika PC client yang sedang dipakai oleh User hang(macet),
operator dapat memindahkan user tersebut ke PC lain.
Tekan tombol "Tools-move client"
Isikan PC asal dan PC tujuan, tekan OK

Langkah-langkah:
1. Buat data Stok barang yang ada
2. Tekan Tombol Transaksi Penjualan

Langkah-langkah:
1. Menu Tools-Stok Data Barang
2. Buat Stok Barang, Misal
Kode Barang : S001
Nama barang : Sprite
Jumlah Barang : 24
Biaya satuan : 1500
Tekan "Add", Lakukan Langkah yang sama untuk Jenis Barang lainnya

Langkah-langkah
1. Pada Billing server, tekan pada baris client yang dimaksud.
2. Pilih menu "Tools - Transaksi Penjualan"
3. Nomor Nota akan ditampilkan dengan format
<No Client - Waktu Start>
Jika user 5 login pada pukul 09:20:25, maka Nomor nota menjadi 5-09:20:25
4. Isikan Data barang yang dipesan, cukup dengan double klik pada kode yang tertera disebelah kanan pada tabel stok data barang.
5. Isikan banyak barang yang diambil
6. Tekan tombol "Add", maka Barang akan masuk ke Nota Penjualan.
7. Untuk versi baru R-12, Nilai transaksi akan ditampilkan
dibagian depan bersama-sama dengan pemakaian internet/games.

Langkah-langkah :
1. Klik baris client yang akan dikirim pesan
2. tekan Menu Tools - Send Messages
2. Ketik Pesan, kemudian tekan ENTER

Langkah-langkah :
Pada Billing server, aktifkan Option Status Client
Tekan menu "File - Active Status"

Jika User Disconnect (Stop/Selesai), Akan ditampilkan pesan windows Pop-up pada billing server
Agar User tidak berpindah-pindah tempat se-enaknya sendiri untuk login, maka Billing dapat di Lock oleh server/operator
Pilih Menu "Tools - Lock All Client", Tekan OK
Untuk memberi ijin PC Client untuk login
Pilih Menu "Tools - unlock Client"
Bisa dipilih untuk Tiap PC tertentu atau Semua PC Client

Jika Account User sudah limit (Mendekati habis), Maka akan ditampilkan pesan bahwa account akan habis dan Billing otomatis akan di disconnect.
User dapat memperpanjang account dengan meng-update
data account melalui menu "Tools - Update Account"


System Paket
Tarif Biaya yang digunakan untuk sekali akses/login.
Misal Paket 1:
Biaya Rp. 10.000 Untuk main selama 5 Jam
User login langsung dikenakan biaya Rp. 10.000,-
Apabila sudah 5 Jam, Billing otomatis disconnect.

Biaya Paket 1
Biaya Rp. 10.000 Untuk main selama 5 Jam

Langkah-langkah:
1. File - Setting Konfigurasi - System Paket
2. Klik baris tabel pertama, 
sehingga muncul keterangan "Paket No 1"
3. Biaya di-isi 10000
4. Durasi di-isi 300
(nilai 300 berasal dari 5 jam x 60 menit = 300)
5. Tekan OK
Lakukan langkah yang sama untuk Paket yang lainnya.

Cara Login System Paket
Langkah-langkah:
1. Pada Client, User menekan tombol Paket
2. User Name bisa di-isi bebas.
3. Untuk Password, User diberikan password oleh server/operator.
4. Server/Operator bisa mensetting password Login Paket melalui menu
File - Password Login - Password Login Paket
Kemudian tekan OK.
5. Password ini bisa diubah setiap saat oleh server/operator

Login "Group"
Fungsi Login Group
Pemilik warnet/games bisa menerapkan login group.
Login ini diperlukan apabila Pemilik warnet/games,
menerapkan aturan : User yang mengajak temannya
lebih dari 3 orang, akan mendapatkan potongan biaya atau tarif yang lebih murah.

Login Group:
30 menit pertama, Biaya Rp. 2000,-
Selanjutnya per 5 menit, Biaya Rp. 500,-

Langkah-Langkah:
1. Masuk ke setting biaya
2. Pilih Option "Biaya dengan System Group"
3. Tekan Tombol "System Group" sehingga ditampilkan Tabel Biaya
4. Pada Tabel Nomor 3, isikan data
Waktu minimal = 30, Biaya 2000
Selanjutnya = 5, Biaya 500
Tekan OK.
5. Dibagian bawah Login Group diisi Nomor 3
Tekan OK

Cara Menggunakan Login Group
Langkah-langkah:
1. Pada Client, User menekan tombol Group
2. User Name bisa di-isi bebas.
3. Untuk Password, User diberikan password oleh server/operator.
4. Server/Operator bisa mensetting password Login Group melalui menu
File - Password Login - Password Login Group
Kemudian tekan OK.
5. Password ini bisa diubah setiap saat oleh server/operator

System Pre-Paid

User terlebih dahulu membayar uang (account) dimuka, selanjutnya server/operator bisa memberikan password & User Name untuk Login.
Account akan berkurang sesuai dengan jumlah pemakaian.
Apabila Account habis, Billing otomatis akan disconnect.
Apabila belum habis dan User men-disconnect Billing, account ini bisa digunakan User tsb. untuk Login pada waktu lainnya.

Pada warnet/games bisa diterapkan system pre-paid
dengan perhitungan yang berbeda untuk tiap-tiap
anggota member.

Langkah-langkah :
1. Buat member pre-paid untuk user
1. Menu Tools-Member Area-View and List
2. Masukkan password (admin/input member)
3. Isikan user name,password, account,masa aktif untuk member tsb.
4. untuk Nomor Group, isikan sesuai dengan nomor
pada Tabel Perhitungan Biaya system group.
5. Tekan tombol "Add"
Bila berhasil, akan keluar pesan "Add member Success"
6. Pada Client, user dapat Login melalui tembol "Pre-Paid"

Pada suatu Warnet/Games, ada 3 Ruangan,
dengan perhitungan tarif pre-paid yang berbeda.
Misal 
Ruangan 1 Kelas VIP
Biaya Rp. 6000/Jam
Ruangan 2 Kelas Semi-VIP
Biaya Rp. 4500/Jam
Ruangan 3 Kelas Ekonomi
Biaya Rp. 2500/Jam

Langkah-Langkah:
1. Masuk ke setting biaya
2. Pilih Option "Biaya dengan System Group"
3. Tekan Tombol "System Group" sehingga ditampilkan Tabel Biaya
4. Jika Tabel Nomor 1 - 3 sudah terisi, masukkan tarif
mulai dari nomor 4.

Misal:
Pada Tabel Nomor 4, isikan data
Waktu minimal = 60, Biaya 6000
Selanjutnya = 60, Biaya 6000
Pada Tabel Nomor 5, isikan data
Waktu minimal = 60, Biaya 4500
Selanjutnya = 60, Biaya 4500
Pada Tabel Nomor 6, isikan data
Waktu minimal = 60, Biaya 2500
Selanjutnya = 60, Biaya 2500
Tekan OK.
5. Buat Member untuk tiap-tiap User.
Isikan Nomor Group User tsb. dengan Nomor pada Tabel 
Perhitungan seperti yang telah didefinisikan diatas,
yaitu 4 atau 5 atau 6.

Password Untuk Membuat Data Member/Pre-Paid 
Untuk Membuat Data Member/Pre-Paid,
selain menggunakan Password Administrator,
bisa juga menggunakan Password Input Data Member

Setting Password Input Data Member
Langkah-langkah:
1. File-Setting Konfigurasi- Password + Setting Client
2. Pada Bagian "Password Input Data Member", isikan
sesuai dengan Password yang akan digunakan.
3. Tekan OK

Password Admin Client
Password Admin Client digunakan untuk
setting konfigurasi pada Billing Client, seperti
Merubah Tampilan Logo/Gambar Pada Background Client,
Disable Registry PC Client, Disable Network PC Client, Text Scrool dsb.

Setting Password Admin Client
Langkah-langkah merubah Password Admin Client:
1. Menu File- Ganti Password Admin Client
2. Masukan Password Admin Client yang lama
3. Isikan baris berikutnya dengan Password baru
dan ulangi untuk baris berikutnya.
4. Tekan OK.

Password Adminisitrator Server
Password Adminisitrator Server digunakan untuk
setting konfigurasi pada Billing Server, seperti
Setting Perhitungan Tarif Biaya, Diskon, Edit Transaksi Penjualan dsb
Setting Tabel Perhitungan
Setting Email server
Setting Daftar operator
Setting Password-Password
Dan Setting Lainnya

Setting Password Adminisitrator Server
Langkah-langkah merubah Password Administrator Server:
1. File-Setting Konfigurasi- Password + Setting Client
2. Pada Bagian "Password Administrator"
Masukan Password Administrator yang lama
3. Isikan baris berikutnya dengan Password baru
dan ulangi untuk baris berikutnya.
4. Tekan Set Active

Password Untuk Exit Billing Server 
Untuk Menutup Billing Server, selain menggunakan Password Administrator, bisa juga menggunakan Password Exit Billing Server.
Langkah-langkah merubah Password :
1. File-Setting Konfigurasi- Password + Setting Client
2. Pada Bagian "Password Exit Billing Server", isikan
sesuai dengan Password yang akan digunakan.
3. Tekan OK

Password Untuk Exit Billing Client 
Untuk Menutup Billing Client, bisa menggunakan Password Exit Billing Client.
Langkah-langkah merubah Password :
1. File-Setting Konfigurasi- Password + Setting Client
2. Pada Bagian "Password Exit Billing Client", isikan
sesuai dengan Password yang akan digunakan.
3. Tekan OK

Password Database Admin
Untuk versi Security#1, ada tambahan Password Database Admin. Password ini digunakan khusus untuk membuka dan edit Report Database.
Langkah-langkah merubah Password Database Admin :
1. File-Setting Konfigurasi- Password + Setting Client
2. Pada Bagian "Password Database"
Masukan Password Database Admin yang lama
3. Isikan baris berikutnya dengan Password baru
dan ulangi untuk baris berikutnya.
4. Tekan Set Active.


Calculator ( 1 User )
Untuk Perhitungan Seorang User
1. Klik baris user tsb
2. Tekan icon Calculator
(Menu Tools - Calculator)
Nilai otomatis dimasukkan baris #1
3. Isikan jumlah Uang yang dibayar
4. Tekan <Enter> atau <Alt+G>
Nilai kembalian akan ditampilkan.

Calculator ( Banyak User )
Untuk Perhitungan Banyak User
Misal User A dengan temannya B dan C Disconnect
Membayar dengan 1 Uang Sekaligus, untuk 3 orang.

1. Klik baris user A tsb
2. Klik kanan mouse, Pilih
Calculator - baris #1

3. Klik baris user B tsb
4. Klik kanan mouse, Pilih
Calculator - baris #2

5. Klik baris user C tsb
6. Klik kanan mouse, Pilih
Calculator - baris #3

7. tekan Icon calculator
(menu tools - calculator)
Nilai otomatis dimasukkan baris #1, #2, #3
3. Isikan jumlah Uang yang dibayar
4. tekan <Enter> atau <Alt+G>
Nilai kembalian akan ditampilkan.

Melihat Aktivitas Billing
Logs Monitoring

1. Menu Tools - Logs Monitoring
2. Aktifkan option "Enable Log Monitoring" 
3. Setiap Aktifitas Billing akan dicatat
Misal
Server start / Up / Down
Client Up / Down

History data Member
Menu Tools - Member Area - History Member
Untuk mengetahui aktivitas Member/Pre-paid seperti 
-Jumlah Voucher/uang yang dikeluarkan untuk pre-paid.
-Update Account tiap-tiap member/pre-paid
-Penambahan Member atau Anggota baru
-Bisa dilihat perhari / tiap2x tanggal tertentu

Perhitungan Biaya Warnet - Games Multiplayer
( Angka-angka yang ditampilkan adalah Contoh )

Misal 
Login Personal
08:00-21:00 Rp 2000/30 menit
21:00-23:00 Rp 1500/30 menit ( discount 25%)
23:00-04:00 Rp 1000/30 menit ( discount 50%)
04:00-08:00 Rp 500/30 menit ( discount 75%)

Langkah-langkah:
1. File - Setting Konfigurasi - Setting Biaya
2. Pilih option Biaya dengan System group
3. Tekan Tombol "System group"
4. Isikan tabel No. 1
Waktu minimal = 30
Biaya = 2000
Selanjutnya = 30
Biaya = 2000
Tekan OK
5. Dibagian bawah login personal, 
diisi Nomor group = 1
Tekan Apply

Setting Diskon:
1. Pilih Bagian "Discount / happy Hour"
2. Pilih Login yang akan diberi diskon, yaitu Personal
3. Tekan tombol "Setting Discount happy Hour"
4. Pada baris Personal, isikan Nilai Diskon (%)

08:00-21:00 diisi 0
21:00-23:00 diisi 25
23:00-04:00 diisi 50
04:00-08:00 diisi 75

5. Tekan Save
6. Tekan OK

Login Group
08:00-21:00 Rp 1500/45 menit
21:00-23:00 Rp 1000/45 menit ( discount 33.33%)
23:00-08:00 Rp 750/45 menit ( discount 50%)

Langkah-langkah:
1. File - Setting Konfigurasi - Setting Biaya
2. Pilih option Biaya dengan System group
3. Tekan Tombol "System group"
4. Isikan tabel No. 2
Waktu minimal = 45
Biaya = 1500
Selanjutnya = 45
Biaya = 1500
Tekan OK
5. Dibagian bawah login Group, 
diisi Nomor group = 2
Tekan Apply

Setting Diskon:
1. Pilih Bagian "Discount / happy Hour"
2. Pilih Login yang akan diberi diskon, yaitu Group
3. Tekan tombol "Setting Discount happy Hour"
4. Pada baris Group, isikan Nilai Diskon (%)

08:00-21:00 diisi 0
21:00-23:00 diisi 33.33
23:00-08:00 diisi 50

5. Tekan Save
6. Tekan OK

Login Game (student)
08:00-21:00 Rp 1500/30 menit
21:00-23:00 Rp 1000/30 menit ( discount 33.33%)
23:00-08:00 Rp 750/30 menit ( discount 50%)

Langkah-langkah:
1. File - Setting Konfigurasi - Setting Biaya
2. Pilih option Biaya dengan System group
3. Tekan Tombol "System group"
4. Isikan tabel No. 3
Waktu minimal = 30
Biaya = 1500
Selanjutnya = 30
Biaya = 1500
Tekan OK
5. Dibagian bawah login Game/Student, 
diisi Nomor group = 3
Tekan Apply

Setting Diskon:
1. Pilih Bagian "Discount / happy Hour"
2. Pilih Login yang akan diberi diskon, yaitu Game/Student
3. Tekan tombol "Setting Discount happy Hour"
4. Pada baris Game/Student, isikan Nilai Diskon (%)

08:00-21:00 diisi 0
21:00-23:00 diisi 33.33
23:00-08:00 diisi 50

5. Tekan Save
6. Tekan OK

Login Pre-paid
Ruang VIP
08:00-21:00 Rp 5000/30 menit
21:00-23:00 Rp 3000/30 menit ( discount 40%)
23:00-08:00 Rp 2000/30 menit ( discount 60%)

Langkah-langkah:
1. File - Setting Konfigurasi - Setting Biaya
2. Pilih option Biaya dengan System group
3. Tekan Tombol "System group"
4. Isikan tabel No. 4
Waktu minimal = 30
Biaya = 5000
Selanjutnya = 30
Biaya = 5000
Tekan OK
5. Buat user pre-paid
Nomor group user = 4

Setting Diskon:
1. Pilih Bagian "Discount / happy Hour"
2. Pilih Login yang akan diberi diskon, yaitu Pre-Paid
3. Tekan tombol "Setting Discount happy Hour"
4. Pada baris Pre-Paid, isikan Nilai Diskon (%)

08:00-21:00 diisi 0
21:00-23:00 diisi 40
23:00-08:00 diisi 60

5. Tekan Save
6. Tekan OK

Login Pre-paid
Ruang Semi-VIP
08:00-21:00 Rp 3000/30 menit
21:00-08:00 Rp 2000/30 menit ( discount 33.33%)

Langkah-langkah:
1. File - Setting Konfigurasi - Setting Biaya
2. Pilih option Biaya dengan System group
3. Tekan Tombol "System group"
4. Isikan tabel No. 5
Waktu minimal = 30
Biaya = 3000
Selanjutnya = 30
Biaya = 3000
Tekan OK
5. Buat user pre-paid
Nomor group user = 5

Setting Diskon:
1. Pilih Bagian "Discount / happy Hour"
2. Pilih Login yang akan diberi diskon, yaitu Pre-Paid
3. Tekan tombol "Setting Discount happy Hour"
4. Pada baris Pre-Paid, isikan Nilai Diskon (%)

08:00-21:00 diisi 0
21:00-08:00 diisi 33.33

5. Tekan Save
6. Tekan OK

Diskon Ulang Tahun Member
Misal user yang ber-HUT dapat diskon 50% 
selama 24 Jam

Setting Diskon:
1. Pilih Bagian "Discount / happy Hour"
2. Pilih yang akan diberi diskon, yaitu hari Ulang Tahun
3. Tekan tombol "Setting Discount happy Hour"
4. Pada baris Hari Ulang Tahun, isikan Nilai Diskon (%)

08:00-08:00 diisi 50
5. Tekan Save
6. Tekan OK

Diskon Hari Libur 
Misal Tahun Baru 1 Januari 2005

Diskon Hari Libur 
misal Tahun baru 1 Januari 2005

08:00-21:00 Diskon 30%
21:00-23:00 Diskon 40%
23:00-08:00 Diskon 50%

Setting Diskon:
1. Pilih Bagian "Discount / happy Hour"
2. Pilih Bagian "Hari Libur"
2. Tekan tombol "Setting Discount happy Hour"
3. Pada baris hari Libur, isikan Nilai Diskon (%)

08:00-21:00 diisi 30
21:00-23:00 diisi 40
23:00-08:00 diisi 50

4. Masukkan Tanggal yang akan diberi Diskon
tanggal = 1/1/2005
nomor diskon = 8
Nilai 8 = Diskon Hari Libur
Keterangan = bisa di-isi bebas

5. Tekan Update
5. Tekan Save
6. Tekan OK

Setting Password Tiap-Tiap Operator
Setting Password Tiap-Tiap Operator
1. Menu File -setting konfigurasi
2. tekan tombol "Daftar Operator"
3. Masukkan Nama-nama operator beserta Passwordnya

Ganti Operator yang Jaga
1. Menu File - Ganti Operator
2. Pilih nama operator
3. Isi sesuai Passwordnya
4. Tekan OK

Untuk versi Baru, Diskon dalam bentuk Rupiah.
DISKON RUPIAH
=============

Jika nilai diskon rp. 500 perjam
dan pembagian billing sbb :
waktu minimal 20 menit = rp. 1000
selanjutnya/interval 15 menit = 1000
Berarti interval= 15,
1 jam ada 4 kali 15 menit.

Berarti diskon yang diisi adalah 500 : 4 = 125
( yang BENAR 125 )
jadi yang diisi bukan 500, tetapi 125.

NB.
JIKA selanjutnya/interval diisi per 30 Menit,
berarti 1 jam ada 2 kali 30 menit.
Nilai 500 dibagi 2 = 250
Diskon diisi 250



System Pembayaran BillingExplorer
Dalam Program BillingExplorer, ada 2 system Pembayaran bagi Pengguna Warnet/Games, yaitu:
1. User membayar setelah main
Setelah user disconnect, User dapat membayar biayanya kepada kasir

Jenis Login pada PC Client yang dipakai
adalah Personal, Student, Game, Member

2. User membayar dimuka (Pra-bayar)
Sebelum main, user membayar dimuka (pra-bayar), sebanyak account yang telah dibeli. Apabila account tersebut masih sisa, user dapat menggunakan pada waktu lain, selama Masa Aktif masih berlaku.

Jenis Login pada PC Client yang dipakai adalah Pre-Paid
System Paket
Dalam Program BillingExplorer, Pembayaran
dengan system Paket, dapat dilakukan dengan 
berbagai macam cara:

Paket Untuk Sekali Main
Misal Paket Rp.10.000 untuk 5 Jam

User Pengguna Internet/Games, sekali login
langsung di-charge sebesar Rp. 10.000,-
dan setelah 5 Jam, Billing otomatis disconnect.
Apabila user tersebut main kurang dari 5 jam,
tetap di charge Rp. 10.000,-

Cara Setting Biaya:
Menu File - Setting Konfigurasi - System Paket
Klik Tabel Paket No. 1
Biaya diisi 10000
Durasi diisi 300

Jenis Login yang digunakan adalah "Paket"
System Paket, User membayar didepan,
tetapi apabila accountnya masih sisa,
dapat digunakan dilain waktu.

Misal Paket Rp. 5000 Untuk 2 jam
User Pengguna Internet/Games, sekali login
langsung di-charge sebesar Rp. 5.000,-

Cara Setting Biaya:
Menu File - Setting Konfigurasi - Setting Biaya
Tekan Tombol "System Group"

Misal Perhitungan Biaya Memakai Tabel No. 4
Pada Tabel No.4 Diisi sbb:
waktu minimal = 120
Biaya = 5000
Selanjutnya = 120
Biaya = 5000

Jenis Login yang digunakan adalah "Pre-Paid"
System Paket
Rp. 6000 Untuk 3 jam,
Setelah lebih dari 3 jam,
Biaya menjadi Rp. 1500 per Jam.

User Pengguna Internet/Games, sekali login
langsung di-charge sebesar Rp. 6.000,-
selama 3 jam,
Selanjutnya perjam biaya sebesar Rp. 1500

Cara Setting Biaya:
Menu File - Setting Konfigurasi - Setting Biaya
Tekan Tombol "System Group"

Misal Perhitungan Biaya Memakai Tabel No. 5
Pada Tabel No.5 Diisi sbb:
waktu minimal = 180
Biaya = 6000
Selanjutnya = 60
Biaya = 1500

Semua Jenis Login bisa digunakan, dengan cara
mengisi nomor group biaya dengan angka 5

Pemberian akses gratis untuk tiap-tiap
Karyawan Warnet/Multiplayer Games.

Langkah-Langkah:
1. Buat Tabel Biaya untuk akses gratis

Cara Setting Biaya:
Menu File - Setting Konfigurasi - Setting Biaya
Tekan Tombol "System Group"

Misal Perhitungan Biaya Memakai Tabel No. 6
Pada Tabel No.6 Diisi sbb:
waktu minimal = 30 (bebas)
Biaya = 0
Selanjutnya = 30 (bebas)
Biaya = 0

2. Membuat member karyawan
Menu Member Area - View & list - Default Member
Isikan data-data :
Nama :
password :
account, diisi angka lebih besar dari 0, misalkan 1
Masa Aktif, diisi angka lebih besar dari 0, misalkan 99999
Nomor Group Biaya diisi 6
Tekan "Add"

Jenis Login yang digunakan adalah "Pre-paid"
Apabila Account di-isi 888888, maka
Jenis Login yang digunakan adalah "Member"

Update Account Pre-Paid
Jika Account User Sudah mendekati Limit (habis),
maka Billing Client akan Disconnect secara Automatic.
Agar tidak terjadi disconnect, User dapat mengupdate 
accountnya pada Kasir-Operator.

Langkah-langkah:
1. Pilih Menu Tools - Update Account Client
Apabila sebelumnya sudah di Klik Baris Usernya,
maka otomatis User Name akan ditampilkan
beserta account sebelumnya.

2. Masukkan Password User
3. Isi Jumlah account yang akan ditambahkan.
Misal account awal = 10.000
Update tambahan = 50000

Jika Password benar, maka account User
akan bertambah sebesar 50.000 sehingga Account
sekarang menjadi Rp.60.000,-

4. Agar Account User bisa di-apply langsung
ke Billing Client, Tekan "Update to Client Now"

Mengetahui Pemasukkan Uang dari Member Pra-Bayar.
Fungsi History member
Menu View - Member Area - History Member

Blocking Aplikasi Internet/Non-Internet
(Khusus versi Game.Net)

Menu File - Setting Konfigurasi - Blocking Internet
Pilih Login yang akan diblocking.

Secara Default, Semua Aplikasi Internet seperti
IE, Mirc, Netscape akan diblocking.
Apabila ada aplikasi lain yang perlu diblocking
tambahkan pada kolom pengisian.

Misalkan Blocking untuk Microsoft Word
Pada Kolom Pengisian program, Cukup diisi "word"

Fasilitas Counter Time
(Khusus versi Game.Net)

Fungsi ini digunakan sebagai count down (timer),
agar billing di disconnect sesuai dengan waktu permintaan.

Misal User Pengguna Ingin bermain 1 jam,
dan minta agar dalam 1 jam, billig tersebut
otomatis disconnect.

Menu Tools - Counter Time
Isikan menit untuk Disconnect

Fasilitas Time Warning
Memberikan Pesan berupa Pop-Up windows untuk user
mengenai berapa lama user tersebut telah main.
Fasilitas Time Warning bisa disetting baik
pada Client maupun pada Server.

Setting Time warning di Client:
Sebelum Login, user mengisi Waktu Time Warning agar
diingatkan pada menit ke berapa.

Setting Time warning di Server:
Klik baris User yang akan diberi Time Warning
Pilih Menu Tools - Time Warning
Pilih Waktu untuk pemberian Time Warning
Tekan Ok

Setting Konfigurasi Pada Billing Client
Mengatur Tampilan Logo/background
Pada Client, Menu Admin - Setting
Nama File diisi sesuai file dari Logo yang
akan ditampilkan.
File yang digunakan adalah Jpg, Gif, Bmp, Jpeg, dsb
Tekan "Save"

Mengatur Posisi Logo/Background
Pada Client, Menu Admin - Setting
Kiri diisi posisi pixel dari arah kiri 
Atas diisi posisi pixel dari arah atas
Tekan "Save"

Mengatur Tombol Login yang aktif
Pada Client, Menu Admin - Setting
Pilih Login yang akan diaktifkan.
Tekan "Save"

Proteksi Client
Pada Client, Menu Admin - Administrator
NoControl Panel : Disable Control Panel
NoRun : Menghilangkan Menu Run pada Windows
NoFind: Menghilangkan Menu Find pada Windows
Hidden Drive A : Menyembunyikan Drive A
Hidden Drive : Menyembunyikan Semua Drive
Fasilitas Lain seperti :
menyembunyikan Neighborhood
Disable Registry, Network, VGA, Dos, System
Disable Delete Printer, Setting Windows
Disable Active Desktop
Dan Sebagainya.

Menjalankan Billing Client setiap
Windows Restart

Pada Client, Menu Admin - Administrator
Pilih Auto Run at Start-Up

---SEMOGA BERMANFAAT---